Friday, November 18, 2011

BUDDHA PARISADHA


BUDDHA PARISADHA
(Golongan Masyarakat Buddhis)
Bhikkhu

Bhikkhu (pāli) yang terdapat dalam agama Buddha adalah seorang laki-laki yang meninggalkan kehidupan awam atau hal-hal duniawi, menjalani hidup suci, dengan aturan-aturan yang disebut Vinaya. Sejarah terbentuknya Sangha Bhikkhu yang pertama yaitu ketika sang Buddha membabarkan Dhamma untuk pertamakalinya di Hutan Migadaya di Varanasi pada suatau malam purnama dibulan Asalha tahun 103 Maha Era kepada lima orang petapa yang dahulu menjadi teman Beliau dalam menjalani hidup sebagai petapa sebelum mencapai Penerangan Sempurna.


Bhikkhuni
          Bhikkhuni (pāli) adalah seorang wanita yang menjalani kehidupan sebagai petapa yang meninggalkan kehidupan keduniawian, menjalani hidup suci, dengan aturan-aturan yang lebih banyak daripada bhikkhu yang disebut juga Vinaya dengan jumlah 331 Sikkhapada.
            Bhikkhuni pertama yang ditahbiskan oleh Sang Buddha adalah Ratu Maha Pajapati, bibi dan juga ibu tiri pangeran Siddhata. Ratu Maha Pajapati bersama 500 wanita lainnya yang suami mereka telah menjadi Bhikkhu, memohon kepada Sang Buddha untuk dapat ditahbiskan menjadi bhikkhuni. Permohonan ini ditolak sampai tiga kali, tetapi penolakan ini tidak menyebabkan mereka berputus asa.
            Kemudian sewaktu Sang Buddha pergi ke Vaisali, yang berjarak 200-300 km. dari Kapilavastu, Ratu Maha Pajapati beserta 500 wanita itu yang telah mencukur rambut dan memakai jubah mengikuti perjalanan Sang Buddha dengan berjalan kaki ke Vaisali. Akhirnya, melalui Ananda, sang Buddha memperkenankan mereka menjadi bhikkhuni apabila mereka bersedia menerima delapan persyaratan yang keras (Garudhamma). Dengan gembira Ratu Maha Pajapati menerima persyaratan tersebut dan ditahbiskan menjadi bhikkhuni pertama. Demikian pula 500 wanita lainya.
Penahbisan bhikkhuni ini terjadi pada tahun kelima setelah pencapaian penerangan sempurna.

Upasaka
Upasaka adalah seorang laki-laki awam dalam agama Buddha. Dalam hal ini upasaka pertama terbagi menjadi dua macam yaitu upasaka yang berlindung pada Buddha-Dhamma dan Upasaka yang Berlindung Tiratana (Buddha, Dhamma dan Sangha).
Upasaka yang berlindung kepada Buddha-Dhamma yang pertama kali adalah Tapussa dan Bhallika. Sedangkan upasaka pertamakali yang berlindung kepada Tiratana yaitu Ayah dari Pangeran Yasa.

Upasika
          Upasika adalah seorang waita awam dalam agama Buddha.
            Upasika pertama yang berlindung pada Tiratana adalah Sujata (ibu Yasa) dan mantan istri Yasa.



Sumber:
*      Sila dan Vinaya (Pandita Dhammavisarada)
*      RAPB I.
*      RAPB III
*      Komik BODHI (Handaka Vijjananda dan Fredy Silo)
*      Riwayat Agung Buddha Gotama (Pandita. S. Widiyadharma)


Kelompok 11:
*      Edy Cahyadi (S.Dhīrasiri)
*      Nanang Sutrisno (S. Kantasiri)
*      Sudiartono (S. Mettasiri)

No comments:

Post a Comment