Pernahkah anda merasa pekerjaan anda mulai terasa menyebalkan karena besarnya
tekanan yang anda peroleh saat bekerja? Mungkin anda mulai merasa klien anda
semakin rewel dan cerewet, bos anda mulai bertingkah sangat menyebalkan dengan
terus-menerus tidak puas dengan pekerjaan atau bahkan mencela hasil kerja anda.
Anehnya, hal tersebut baru terjadi belakangan ini. Mungkin ini pertanda anda
mulai mengalami apa yang dinamakan burnout atau yang biasa kita sebut dengan
kejenuhan (yang biasanya disebabkan oleh stres). Jangan dianggap enteng lho,
salah-salah bukan hanya pekerjaan tapi juga kesehatan anda yang terganggu.
Ada beberapa
aktivitas yang cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan ini :
1. Nikmati
kehidupan di luar pekerjaan
Jangan
campuradukkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Saat anda mempunyai waktu
luang/libur, nikmatilah dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu saat kembali
kerja, mudah-mudahan anda akan kembali bersemangat.
2. Buat
kesalahan kecil
Berbuat salah
bukan berarti dunia kiamat, jadi jangan ragu-ragu. Sesekali buatlah
kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan (tapi jangan dalam hal-hal penting,
salah-salah nanti anda malah dipecat!) yang mungkin terlihat lucu atau bodoh di
mata orang lain. Secara tidak langsung, hal ini akan merangsang kreativitas dan
imajinasi anda dalam bekerja. Plus, tantangan baru akan tercipta.
3. Bicarakan
dengan rekan kerja anda
Kehidupan di
metropolitan membuat seseorang menjadi cenderung individualis. Sering-sering
deh hang-out atau makan siang bareng dengan rekan-rekan kerja anda. Siapa tahu
dengan ngobrol dengan rekan kerja, anda bisa menemukan solusi masalah. Bukan
tidak mungkin rekan kerja anda pernah mengalami masalah yang sama dengan yang
anda alami saat ini.
4. Meditasi
Semakin cepat
anda bekerja, semakin mudah anda terserang stres. Untuk mengatasinya, selalu
bawa kertas dan pensil untuk mencatat kejadian-kejadian yang membuat anda stres
di sepanjang hari kerja. Kemudian setelah tiba di rumah, coba anda duduk dan
renungkan hal-hal apa saja yang telah terjadi hari ini selama 5 sampai 15
menit.
5. Kenali diri
sendiri
Maksudnya di
sini adalah mengenal bagaimana diri anda bereaksi saat bekerja dalam tekanan.
Untuk mengetahuinya, tanyakan pada orang-orang yang mengenal anda dengan baik.
Jangan merasa putus asa, ingatlah bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat
diselesaikan. Bila anda sudah mempunyai pemahaman ini, maka mengatasi masalah
akan lebih mudah.
6. Stres karena
pekerjaan atau hal lain?
Apakah anda
merasa kesal karena tekanan yang anda alami di kantor atau bawaan dari masalah
di rumah yang tidak terselesaikan. Dengan mengenali penyebab stres, maka akan
lebih mudah menemukan jalan penyelesaiannya.
7. Pertolongan
tenaga profesional
Seandainya anda
tetap tidak bisa menemukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi problema
anda, ada baiknya anda menemui konselor/psikolog yang memang memiliki kemampuan
untuk mengatasi hal-hal seperti ini. Jangan takut dianggap aneh, ini jaman
modern mas/mbak!
No comments:
Post a Comment