Sunday, May 13, 2012

Yin-Yang sebagai dasar berpikir positif

Positif thinking... sepertinya kalimat itu tidak asing lagi buat kita. memang berpikir positif sangat membantu dalam menjalani kehidupan ini, khususnya untuk memperoleh kebahagiaan yang didambakan. dengan berpikir positif masalah yang tadinya besar bisa di kecilkan, masalah yang kecil bisa di hilangkan dan masalah yang akan timbul bisa ditahan agar tidak jadi masalah.
nah yang jadi permasalahan memang banyak anjuran yang menyatakan harus selalu berpikir positif.. dan setiap anjuran kita pasti tahu hal itu mudah untuk di ucapkan karena anjuran tersebut berupa teori. namun terkadang kita tidak tahu bahkan bingung harus dimulai dari mana... ada satu hal yang dapat kita jadikan dasar atau landasan agar kita bisa membiasakan diri berpikir positif. salah satu cara yang dapat di praktikan adalah memahami tentang simbol yang sangat luar biasa ini:

lambang bola dengan 2 sisi warna yang berbeda ini di namakan Ying-yang. ada maknya yang sangat berhaga bagi kita di balik lambang ini. kita bisa memperhatikan lambang tersebut. pada sisi warna hitam terdapat titik yang berwarna putih. begitu juga pada sisi warna putih terdapat satu titik yang berwana hitam. apa maknanya? sisi hitam dan titik putih bearti adalah sifat manusia, yang sebenarnya adalah seburuk-buruknya manusia pasti ada segi baiknya walaupun hanya satu titik. begitu juga pada sisi putih dan titik hitam, sebaik-baiknya orang pasti ada sisi buruknya yng tidak kita ketahui.
dengan mengerti hal ini.. kita salalu dapat menanamkan pikiran positif pada lingkungan dan orang2 yang ada di sekitar kita yang kita jumpai. dengan demikian kita bisa menghargai sekecil apapun kehidupan dan
bisa menghargai orang-orang yang kita jumpai sebagai manusia yang sama-sama memiliki hak dan potensi serta harga diri. jika kita telah terbiasa dengan hal ini maka secara tidak langsung kita telah menanamkan pikiran positif pada hal yang ada di luar diri kita. sehingga kecendrungan melihat kesalahan yang dilakukan orang lain bisa sedikit demi sedikit kita kurangi, agar tidak menjadi beban pada diri kita. karena hal-hal yang tidak bermanfaat dari luar yang kita masukan kedalam memori pikiran kita ini lah yang membuat kita menderita.
selamat mencoba.. semoga sukses... (301)

No comments:

Post a Comment